Skip to main content

Potong Rambut Sebelum Mandi

Suatu ketika, salah seorang santri yang ketepatan sedang hadats besar hendak mandi. Karena khawatir rambutnya kena potong oleh pengurus Bagian Ketertiban dan Keamanan, akhirnya ia pergi ke tempat wudhu yang tersedia di Asrama dan mandi separuh badan (bagian atas badan saja). Setelah itu, ia baru meminta bantuan pada seorang temannya untuk memotongkan rambutnya.

Pertanyaan

  1. Bagaimana hukum mandi santri tadi?
  2. Bagaimana pula hukum pemotongan rambutnya?
  3. Seandainya ia memotong rambutnya sebelum di basuh, apakah ia wajib membasuhnya ketika mandi?

Jawaban

  1. Mandinya dihukumi sah untuk anggota badan yang sudah dibasah saja. Karena muwalah (bersegera) dengan meratakan air ke seluruh anggota badan bukan merupakan persyaratan mandi. Namun, sebelum mandinya disempurnakan, dia tidak boleh melakukan salat dan larangan-larangan yang lain. Sebab di antara syarat salat adalah harus suci dari hadats.
  2. Pada dasarnya tidak ada larangan bagi orang junub untuk memotong rambutnya. Hanya saja, orang yang sedang junub disunahkan untuk tidak memotong rambut atau yang lain sebelum bersuci dari hadats besar.
  3. Rambut atau anggota tubuh lain yang dipotong sebelum dibasuh atau disucikan dari hadats besar tidak wajib dibasuh kembali ketika mandi.

Rujukan

Referensi: Santri Salaf Menjawab | Pustaka Sidogiri

Catatan: Perbedaan pendapat di kalangan ulama suatu kewajaran dalam kajian fikih, harap maklum.